-Dari Parangtritis – Baron – Kukup –Sundak - Nampu dan Klayar - 

Tulisan ini Saya buat untuk melanjutkan postingan salah seorang kawan di forum backpacker. Dia menuliskan tentang pantai-pantai di daerah Jogja dan sekitar, beberapa pantai yang dia sebutkan pernah Saya kunjungi, diantaranya Parangtritis, Boron, Kukup, Krakal, Nampu, dan Sundak. Selain itu ada juga pantai selatan nan eksotis yang belum pernah saya kunjungi langsung yaitu Klayar.

Wonogiri adalah tempat kelahiran Saya, sehingga memungkinkan bagi Saya untuk ke pantai-pantai Selatan nan elok itu karna jaraknya yang tidak jauh dari tempat tinggal Saya. Cukup dengan perjalanan 2 sampai 3 jam saja.

Ok.. check This Out :

1.  Parangtritis
Parangtritis adalah Pantai yang terkenal di Jogja, pasirnya hitam, entah karena memang pasirnya yang hitam atau karna sudah tercemari. Pantai ini memiliki banyak mitos dan legenda sehingga untuk menghormati  penduduk yang tinggal disekitar pantai Parangtritis disarankan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau.

Terakhir Saya mengunjungi pantai ini sekitar 4 tahun yang lalu. Pasirnya hitam, suasana di sana sangat ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah. Selain bermain ombak, berfoto ria, dan berbasah basah ria kita juga bisa bermain layang-layang, naik andong, dan tentunya bagi penggemar seafood, disinilah surga makan seafood sepuasnya. Kita bisa membeli seafood sesuai keinginan jenis dan banyaknya, kemudian kita bisa meminta warung yang ada di sana untuk membuat masakan sesuai selera kita. Hemmm..yummi bukan.

Rute : Yogyakarta-Parangtritis.

2. Boron-Kukup
Kalau untuk kedua pantai ini, Saya lupa tepatnya pernah kesana waktu umur berapa. Mungkin sekitar 7 tahun yang lalu. Kedua pantai ini berdekatan, jadi klo kita kearah Baron, bisa sekalian mengunjungi kukup, namun kedua pantai ini berbeda dari segi pasir pantainya. Pantai Baron masih memiliki pasir untuk kita bermain, sedangkan di kukup ada banyak batu-batu karang yang kalau kita tidak berhati-hati bisa membuat kaki terluka. Selain itu Pantai Baron memang sudah terkelola lebih baik dibandingkan dengan pantai kukup.

Beberapa pantai di Selatan berada pada satu garis sehingga memungkinkan kita untuk melakukan susur pantai. Seperti susur pantai Boron-Kukup-Krakal-Sundak.

Rute : Dari Yogyakarta ke Wonosari, dari Wonosari ke arah selatan menuju Kawasan Wisata Baron-Kukup-Krakal. Ketika sampai pertigaan ambil jalan ke kiri menanjak melewati bukit.

3. Sundak
1st Sundak
Dua kali Saya ke Pantai ini, yang pertama kali Saya dan teman-teman mendapati pantai Sundak dengan air yang Pasang, kami bisa bermain-main air dan ombak. Dan yang kedua kalinya, lautnya surut, sehingga kami bisa menyusuri bibir pantai, yang menghubungkan pantai satu dengan pantai lainnya tanpa harus melewati daratan.

Rute : Pantai Sundak berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, dan Pantai Baron.
2nd Sundak



4. Nampu
Sewaktu Kami sampai ke pantai Nampu hari sudah siang, matahari sudah sangat panas sekali, sehingga kami enggan turun untuk bermain air dan ombak, kami hanya duduk-duduk dipinggiran. Namun ketika hari mulai sore, kami mulai turun ke pantai, dan ternyata lautnya surut di sore hari, terpaksa salah seorang teman yang ingin berenang akhirnya membatalkan rencananya dan kami pun hanya mencari keong-keong kecil di pantai. 


Pantai Nampu ini terletak di kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.
Nampu dari atas bukit
Nampu di pantai


Rute : Dari Solo ke Wonogiri kemudian kearah Pracimantoro, dari perempatan Pracimantoro kearah Giribelah – kemudian ke Paranggupito - Pantai Nampu. (Kalau dari Jogja : Jogja-Wonosari-Pracimantoro).

5. Klayar
Untuk pantai yang satu ini Saya memang belum secara langsung menginjakkan kaki di pasir putih ini, tapi melihat teman-teman saya yang sudah berada disana, membuat saya merasa sudah pernah ada di sana juga. Hahaa. Tempatnya dekat dengan rumah orang tua saya, jadi semoga nanti bisa dapat cuti panjang untuk benar-benar menginjak pasir putih di Klayar.

Rute : Solo-Wonogiri-Baturetno-kemudian ambil kearah Pacitan, setelah masuk kabupaten Pacitan ambil kearah Goa Gong, dari Gong Gong bisa lurus terus sekitar 10 km kea rah pantai Klayar.


Bagaimana teman-teman? Elok bukan? Pantai-pantai ini berada di sebelah selatan propinsi Jawa Tengah sehingga juga mendapat julukan sebagai pantai selatan, dan konon ceritanya, pantai selatan adalah pantainya Nyi Roro Kidul, dan berkaitan dengan mitos tersebut, setiap kali kami akan pergi ke pantai selatan, kami diingatkan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau yang merupakan baju kebesaran Nyi Roro. Ini adalah mitos yang hidup di masyarakat pedesaan, dan saya ikuti juga sewaktu masih kecil, jadi apakah Anda akan mengikuti mitos tersebut?? Itu kembali kepada Anda. 

Selamat  menikmati indahnya dunia ini yang juga luas.






Comments (0)